5 Cara Membersihkan Meja Makan Agar Terlihat Rapi

RÅVAROR meja makan, veneer kayu oak, 130x78 cm | IKEA Indonesia

Meja menjadi furniture yang banyak digunakan di dalam rumah, tak heran jika debu dan kotoran kerap berjatuhan pada furnitur ini. Saat membersihkan meja, perlu memperhatikan bahan furnitur itu sendiri.

Cara membersihkan meja marmer tentunya berbeda dengan meja rotan atau kayu dan bahan pembersihnya juga berbeda tergantung dari permasalahan yang dihadapi pada meja tersebut. Berikut adalah solusi untuk membersihkan meja dari debu dan kotoran.

 

  1. Menghilangkan Noda Bekas Bakar

Perabotan yang dipernis atau dilapisi PU juga mudah terbakar, misalnya karena makanan panas disajikan di atas meja. Jika noda berwarna putih, pulpen bisa menggunakan alkohol, parfum dan minyak tanah.

Anda dapat menutupi selembar kain dengan salah satu bahan di atas. Gosokkan pada permukaan meja yang bernoda.

Untuk membersihkan meja belajar yang membandel karena noda tersebut, Anda juga bisa menggunakan air hangat. Caranya kurang lebih sama, yakni dengan bantuan handuk.

 

  1. Menghilangkan Sisa Lilin dan Noda Tinta

Tentu saja, ketika lilin yang meleleh mengering, akan sulit untuk dibersihkan dari meja makan. Selain lilin yang meleleh, meja tidak jarang kotor oleh tumpahan tinta dari alat tulis.

Membersihkan meja makan dari tumpahan tinta cukup sederhana, Anda bisa menggunakan campuran cuka dan air dengan rasionya sekitar 2 banding 1, lalu celupkan spons ke dalam larutan ini. Setelah itu, bersihkan area yang terkena dengan tinta dan lap lagi dengan kain kering lalu poles dengan semir sepatu.

Sementara itu, Anda bisa menggunakan setrika untuk melelehkan lilin di atas meja. Noda lilin yang meleleh menembus handuk dan bersihkan meja dengan cara ini beberapa kali sampai semua lilin terserap sepenuhnya oleh handuk.

 

  1. Menghilangkan Noda pada Meja Makan Kaca

Tentu saja, jika bahan meja makan Anda adalah kaca, maka rawan tergores. Meskipun barang pecah belah mudah dibersihkan, namun mudah terlihat jika terkena kotoran.

Hal yang sama berlaku untuk goresan yang bisa disebabkan oleh gesekan benda. Untuk menghilangkan goresan tersebut, Anda bisa menggunakan pasta gigi.

Cara ini juga sering digunakan untuk menghilangkan goresan pada kaca mobil. Pertama bersihkan kaca dari debu, setelah itu, siapkan pasta gigi dan gunakan kain microfiber dengan serat yang lembut. Basahi kain lalu oleskan pasta gigi.

Gosokkan pada area yang terkena dan gosok dalam lingkaran selama 30 detik. lagi selama 30 detik .Lap permukaan kaca dengan kain baru yang bersih hingga mengkilat.

Cara membersihkan meja makan kaca ini sebaiknya dilakukan secara perlahan. Jika Anda menggosok terlalu keras, permukaan kaca akan meninggalkan bekas.

 

  1. Mengatasi Meja Makan Marmer Kusam

Sangat mudah untuk membersihkan meja marmer dari noda kusam. Pulpen bisa menggunakan sabun cuci piring atau soda kue.

Campurkan soda kue atau sabun cuci piring dengan air, setelah itu, tuangkan di atas meja marmer. Ambil kain lembut lalu bersihkan marmer ke permukaan bersih.

Jika noda masih berlanjut, gunakan cairan pembersih marmer khusus. Cairan ini juga efektif menghilangkan karat pada permukaan marmer.

Cara membersihkan meja marmer dengan bahan ini efektif dan aman untuk bahannya. Untuk mencegah meja dari tergores oleh matahari, silakan gunakan taplak meja.

 

  1. Menghilang Debu dan Kotoran di Meja Rotan

Debu dan kotoran mudah masuk ke dalam furnitur dengan banyak rongga, seperti meja anyaman. Anda dapat membersihkan celah kecil di meja rotan dengan sikat gigi bekas.

Bersihkan dengan larutan pembersih atau vakum dengan penyedot debu. Ingatlah untuk mengeringkan kursi rotan sepenuhnya dengan dikeringkandi tempat yang teduh, jauh dari sinar matahari langsung. Untuk membasmi rayap, Pins bisa menyemprotkan larutan kapur barus dan minyak tanah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *